Laman

Selasa, 04 Januari 2011

Jangan takut masuk UGM ! Ada banyak beasiswa !

Beasiswa di UGM :
Sebagai komitmen menyemaikan mutiara-mutiara bangsa yang kurang mampu secara ekonomi, sejak tahun 2004 Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (UM UGM) membuka akses khusus, yaitu program Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) dan Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi dengan Beasiswa (PBUB). PBUTM ditujukan untuk menjaring siswa-siswa kurang mampu yang berprestasi akademik tinggi, sementara PBUBB adalah program penjaringan para siswa berprestasi olimpiade. Kedua program ini membebaskan calon yang diterima dari semua biaya pendidikan selama 8 semester. Kedua program beasiswa tersebut melengkapi beasiswa-beasiswa yang selama ini telah disediakan oleh berbagai sumber, baik oleh UGM sendiri, pemerintah maupun swasta.

Untuk membuka lebih banyak lagi akses kepada siswa kurang mampu secara ekonomi, sejak tahun 2009, beasiswa PBUTM dan PBUBB diperluas dengan pembebasan SPMA kepada 1.000 mahasiswa baru kurang mampu secara ekonomi; dan sejak tahun 2010 Pemerintah, melalui Kemdiknas, menyediakan Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidik Misi) sebanyak 500 orang di UGM yang meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup. Berbagai beasiswa, baik yang berupa bantuan dana maupun pembebasan biaya pendidikan atau sebagian biaya pendidikan, dari tahun ke tahun meningkat. Jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa juga meningkat dari waktu ke waktu, yaitu sebesar 7% dari total mahasiswa pada tahun 2003, menjadi 22,45% pada tahun 2007 dan 27,17% pada tahun 2010.

Bagaimana cara kuliah murah bahkan GRATIS di UGM ??
  1. ikut PBUTM gan. alias Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu.
    tapi syarat PBUTM tidak main2. harus merupakan salah satu siswa terbaik di sekolahnya dan benar2 berasal dari kalangan tidak mampu. selain itu, sekolahnya juga sebisa mungkin berasal dari sekolah favorit.
    jangan coba2 membohongi UGM dengan surat miskin palsu. karena kebenarannya akan di crosschek oleh UGM

    keuntungannya, agan bisa kuliah gratis selama 8 semester di UGM
  2. ikut PBUB atau Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi.
    tapi ente harus punya prestasi nasional gan....
    persaingan cukup ketat. temen ane, emas olimpiade matematika gak diterima gan. tapi malah diterima di univ luar negeri
    keuntungannya : sekolah gratis 8 semester di UGM gan...
  3. yang ini mantap gan...
    beasiswa bidik misi
    bisa dilihat disini : http://ugm.ac.id/index.php?page=infougm&artikel=284
    keuntungan : sekolah gratis dan dapat biaya hidup
  4. daftar beasiswa Dompet Dhuafa Etos...
    setahu saya dapat beasiswa 3 tahun asrama dan biaya kuliah sampe tahun ketiga....
    dikasi uang saku juga
    infonya disini gan : etosjogja.com
  5. nah, ini cara yang cukup berisiko.. hehe
    agan2 yang penting masuk UGM dulu gan. ada 2 beasiswa di UGM. BOP dan SPP. kalo agan dapet beasiswa BOP, agan2 cuma bayar 500 ribu per semester di UGM. kalo dapetnya beasiswa SPP, agan2 cuma bayar sks yang agan ambil aja. nah, kalo dapet dua2nya gimana gan ?? otomatis, agan semua bakalan kuliah gratis di UGM dan itu bukan hal mustahil gan. asal memenuhi syarat, insya Allah, peluangnya besar untuk mendapatkan beasiswa itu gan.

    selain itu, ada banyak sekali perusahaan yang kasih beasiswa gan. hampir tiap bulan ada infonya gan. jadi agan2 akan banyak terbantu soal biaya kuliah.
    menurut info yang saya dapatkan, 25% mahasiswa UGM mendapatkan beasiswa dari UGM.

3 komentar:

Terima Kasih ... ^^