Laman

Selasa, 04 Januari 2011

BEASISWA ITB 2011

BEASISWA BIDIK MISI 2011

Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI mengenai Ketentuan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia, mulai tahun 2011, ITB mengintegrasikan program Beasiswa Biaya Pendidikan, Beasiswa BIDIK MISI, Beasiswa ITB untuk Semua, dan Beasiswa Ekonomi Lemah, ke dalam sistem seleksi Jalur Undangan Beasiswa. Untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2011, ITB mentargetkan 20% penerimaan mahasiswa baru ITB 2011 akan berasal dari jalur Undangan Beasiswa.

Sesuai dengan ketentuan di Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI, kegiatan pelamaran dan seleksi mahasiswa baru Jalur Undangan Beasiswa ITB akan dilaksanakan secara nasional, bersama-sama dengan seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Tata cara dan mekanisme pelamaran dan seleksi mahasiswa baru Jalur Undangan Beasiswa ITB tersebut hingga saat ini masih menunggu ketentuan dari DEPDIKNAS RI.

Pada pelaksanaan program Beasiswa BIDIK MISI, ITB menawarkan fakultas/sekolah berikut :

  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
  • Sekolah Farmasi (SF)
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI)
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

catatan :

  • Sehubungan dengan telah terbitnya SK Rektor ITB no. 071/SK/K01/PP/2006, tertanggal 17 Maret 2006, tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, maka secara resmi, setiap mahasiswa baru diterima menjadi mahasiswa fakultas/sekolah terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu program studi serumpun dalam fakultas/sekolah yang sama, pada awal tahun kedua.
  • Penempatan mahasiswa di salah satu program studi serumpun di fakultas/sekolah di ITB, dilakukan oleh ITB sebelum masa perkuliahan tahun kedua dilaksanakan, berdasarkan minat mahasiswa, kapasitas program studi yang bersangkutan, serta tergantung pada prestasi mahasiswa di tahun pertama perkuliahan, bila kapasitas program studi yang bersangkutan lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang memilih program studi tersebut. Kemungkinan bahwa seorang mahasiswa akhirnya dijuruskan pada program studi bukan pilihan utamanya dapat saja terjadi. Namun demikian karena pengelompokan program studi dalam suatu fakultas/sekolah didasarkan atas ekserumpunan dan kontekstualitas keilmuannya yang sama, maka perbedaan antara program studi yang satu dengan program studi yang lain dalam fakultas yang sama, tidak signifikan. ITB menyarankan agar calon mahasiswa mempelajari sistem penerimaan mahasiswa baru ini terlebih dahulu dan dapat membandingkannya dengan sistem yang diberlakukan di perguruan tinggi lainnya.
  • Sebagai informasi tambahan, pada kurikulum 2008, ITB mulai memperkenalkan mata kuliah Mayor dan mata kuliah Minor. Dengan demikian, mahasiswa dari suatu program studi dapat mengambil mata kuliah di program studi lainnya, dalam jumlah terbatas. Pendidikan di ITB lebih diarahkan pada pendidikan kesarjanaan yang memberikan penguasaan ilmu yang komprehensif disertai wawasan yang luas dibandingkan ke arah vokasional yang terfokus pada aplikasi suatu bidang keahlian saja.



BEASISWA MINAT ITB
ITB memberikan beasiswa Biaya Pendidikan di Muka (BPM) bagi para peserta SNMPTN 2011, yang sejak awal hanya berminat untuk memilih program studi-program studi pada fakultas tertentu yang kurang dikenal masyarakat, meskipun keahliannya sangat diperlukan di pasar kerja nasional maupun global. Untuk tahun ajaran 2011, program studi di ITB yang memberikan beasiswa BPM pada peserta SNMPTN 2011 adalah :

* Astronomi (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
* Meteorologi (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)
* Oseanografi (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian)

Peserta SNMPTN 2011 yang sejak awal hanya memilih salah satu atau kombinasi dari tiga program studi tersebut diatas, akan dibebani nilai BPM yang tidak ditentukan besar nilai minimumnya (boleh nol rupiah). Peserta SNMPTN yang ingin menerima Beasiswa Minat, tidak dapat memilih program studi/fakultas/sekolah lainnya di ITB, diluar ketiga program studi tersebut diatas.

ITB hanya memberikan keringanan biaya BPM saja. Peserta SNMPTN 2011 yang berminat untuk mengambil program beasiswa ini tetap dikenai biaya ujian sesuai ketentuan yang berlaku, serta tetap dibebani Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) yang sama dengan mahasiswa lainnya, bila lulus SNMPTN 2011 dan diterima sebagai mahasiswa ITB di program studi pilihannya.

Kelulusan peserta SNMPTN 2011, kategori Beasiswa Minat hanya ditentukan oleh hasil ujian tertulis. Penilaian hasil ujian peserta SNMPTN 2011, kategori Beasiswa Minat dilakukan dengan standar yang sama dengan para peserta SNMPTN 2011 lainnya.

Info Lengkap Di http://www.itb.ac.id/usm-itb/Beasiswa/Bea-3.htm

1 komentar:

  1. kalau unutuk tahun 2012 ini besiswa minat boleh lewat jalur undangan?

    BalasHapus

Terima Kasih ... ^^